somberena parlementa

Presiden Minta PTSP di Daerah Diberi DAK

Jumat, 21 Februari 2020 09:14 WITA Reporter : Makassarmetro
Presiden Minta PTSP di Daerah Diberi DAK

MAKASSARMETRO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan perintah ke Menteri Keuangan agar Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di daerah diberikan Dana Alokasi Khusus (DAK)

”Bisa dipakai DAK  itu untuk sosialisasi, bisa dipakai itu untuk memperbaiki manajemen sistem yang ada di dalam, sehingga ada kecepatan kita dalam melayani kepada masyarakat,” ujar Presiden Jokowi saat Rakornas Investasi Tahun 2020 di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Dana ini, lanjut Jokowi, akan diupayakan terbagi tahun ini. Namun jika tidak memungkinkan, nanti tahun depan.

Dia menyampaikan agar jangan merasa yang ada di kantor PTSP itu berada di kelas 2 atau kelas 3. ”Saya ingin kantor PTSP itu berada di rangking pertama dari seluruh gagasan-gagasan yang ada di daerah. Dimulai dari situ kecepatan melayani itu ada di kantor perizinan kita,” ujarnya.

Presiden menegaskan, PTSP bukan hanya melayani urusan izin, tapi investasi itu bisa menyelesaikan juga masalah-masalah yang dialami oleh investor.

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengingatkan bahwa ease of doing business atau kemudahan berusaha di Indonesia sekarang berada pada ranking 73, sudah meningkat dibanding tahun 2014 yang ada di posisi 120.

”Biasanya naik hanya 2 atau 5, ini bisa meloncat dari 120 ke 73. Tapi saya enggak mau angka itu, ranking 73 itu masih ranking nanggung. Setuju? 73 itu masih nanggung. Saya minta di bawah 40, ” tambah Kepala Negara

Kata Presiden Jokowi soal investasi, saat ini Indonesia di posisi rangking 6 Asia tenggara . Hanya berada di atas Laos dan Kamboja.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca