Sulsel Tidak Lockdown, Gubernur NA: Itu Wewenang Presiden

Rabu, 01 April 2020 13:12 WITA Reporter : Makassarmetro
Sulsel Tidak Lockdown, Gubernur NA: Itu Wewenang Presiden

MAKASSARMETRO – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menegaskan bahwa pihaknya tidak memberlakukan lockdown sebagai langkah penanganan virus corona.

“Berita mengenai lockdown itu tidak benar, saya bersama gubernur se-Sulawesi merasa heran, kita tidak bicara lockdown kok termuat lockdown,” kata Gunernur Nurdin Abdullah dalam video yang diunggah di instagram pribadinya, Selasa (31/3/2020).

Pernyataan Nurdin Abdullah sekaligus meluruskan kabar yang menyebutkan bahwa enam gubernur se-Sulawesi sepakat melakukan lockdown. Lagipula, pemberlakuan lockdown atau karantina wilayah bukanlah wewenangnya, melainkan wewenang Presiden.

“Tidak ada pemikiran kita untuk melakukan lockdown, karena lockdown itu adalah kebijakan Bapak Presiden,” ujarnya.

Dia meminta agar warga Sulsel tidak resah maupun panik. Bersama Forkopimda bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel, opsi isolasi wilayah merupakan kebijakan yang diambil.

“Kita sudah lakukan pemetaan dan episentrum penyebaran Covid-19 sudah diketahui. Langkah kongkrit yang akan kita lakukan yakni isolasi wilayah, baik itu tingkat RT, RW, Kelurahan,” kata dia.

Menurutnya, isolasi wilayah dapar memotong mata rantai penyebaran virus corona. Oleh karenanya, dia meminta peran aktif camat, lurah, kepala desa, ketua RT dan RW untuk mendukung langkah ini.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca