50.000 Paket Sembako Mulai Disalurkan ke Masyarakat Gowa

Sabtu, 02 Mei 2020 10:14 WITA Reporter : Makassarmetro
50.000 Paket Sembako Mulai Disalurkan ke Masyarakat Gowa

MAKASSARMETRO, Gowa — Sebanyak 50.000 paket sembako mulai didistribusikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kepada Masyarakat kurang mampu dan terdampak virus Corona atau Covid-19.

Salah satu Kecamatan yang sementara melakukan pendistribusian adalah Kecamatan Somba Opu. Camat Somba Opu, Agussalim menyebutkan sekitar 6.000 paket sembako saat ini sementara dibagikan ke masyarakat di 14 kelurahan.

“Kamis (30/5) sore sudah mulai penyaluran bantuan sembako ke masyarakat dan masih sementara berjalan ke semua kelurahan malam ini. Dari 6.036 paket sembako, yang sudah terbangi sekitar 3 sampai 4 ribu paket,” kata Agussalim saat diwawancara via telepon Jum’at malam (1/5)

Lanjutnya, ribuan paket sembako ini diserahkan kepada masyarakat Kecamatan Somba Opu yang terkategori miskin dan terkena dampak Covid-19 di luar Data Terpadu Kementerian Sosial (DTKS).

Dijelaskannya lagi bahwa pendistribusian paket sembako di Ibukota Kabupaten Gowa ini melibatkan langsung anggota TNI Polri dibantu aparat kelurahan yang diantar langsung ke rumah masyarakat.

” Paket sembako ada yang diantarkan lagsung ke rumah-rumah oleh RT yang diawasi langsung oleh tiga pilar yakni TNI Polri dan unsur pemerintah. Bagi yang mengambil dikantor kami tetap berlakukan pola jaga jarak,” jelas Camat Somba Opu.

Hal senada juga dikatakan Lurah Katangka, Hikmatullah. Kami pihak kelurahaan bersama dengan babinsa dan bhabinkamtimas menjemput paket sembako.

“Titik penjemputan paket sembako di kantor Polres dan Dandim Gowa, jadi kami mengambil paketnya disana kemudian bersama-sama Babinsa dan Bhanbinkamtimas melakukam pembagian yang dibantu oleh RT RW setempat,” jelasnya.

Paket sembako ini terdiri dari beras
10 kg beras, 1 rak telur, 1 kg gula pasir, 1 ball mie instan, 2 liter minyak goreng, 4 kaleng ikan sarden dan 2 kg terigu.

Agar betul-betul terdistribusi dengan baik dan menghindari adanya penerima yang double atau dua kali, maka setiap penyerahan akan disertakan tandatangan bukti terima diri penerima dan petugas.

“Saat menyerahkan paket sembako kami juga meminta penerima bertanda tangan dibberita acara. Supaya menghindari pemberian sembako dobel dan sekaligus sebagai komitmen warga mau patuh dalam aturan PSBB,” tambah Agus.

Sementara untuk mengakomodir masyarakat yang belum terdata dan layak mendapatkan bantuan, saat ini kata Agussalim, Polsek dan Koramil Kecamatan Somba Opu juga sudah mulai membuka layanan pengaduan.

“Pak Kapolsek dan Pak Danramil juga sudah membuka posko pengaduan bagi masyarakat yang luput dari pendataan atau yang belum terdaftar. Kalau memang ada, langsung di komunikasikan ke lurah masih-masing untuk dicocokkan jangan sampai dia dobel,”

Agussalim juga menambahkan, sesuai arahan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, maka pembagian paket sembako di Wilayah Kecamatan Somba Opu akan rampung minggu mendatang sebelum pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kabupaten Gowa.(JN)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkab Gowa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca