Kepala BPS Pusat Imbau Masyarakat Segera Isi Formulir Sensus Penduduk Secara Online

Jumat, 15 Mei 2020 15:59 WITA Reporter : Makassarmetro
Kepala BPS Pusat Imbau Masyarakat Segera Isi Formulir Sensus Penduduk Secara Online

MAKASSARMETRO — Kurangnya masyarakat yang berpartisipasi dalam sensus penduduk online, Kepala BPS Pusat Suhariyanto mengimbau agar mengisi sensus penduduk online hingga batas waktu 29 Mei mendatang.

“Bagi yang belum, saya mengajak untuk isi sensus online sampai 29 Mei 2020. Cukup di rumah saja,” jelasnya dilansir melalui laman CNN Indonesia, Jumat (15/05/2020).

Ia menyebutkan, program sensus saat ini sangat mudah karena telah dilaksanakan secara online. Kendati demikian, hanya ada penambahan 1,91 juta orang. Sebelumnya pada posisi 5 Mei kemarin terhitung sebanyak 42 juta orang.

Menurutnya jumlah peserta tidak menunjukan penambahan yang signifikan. Dari data yang diperoleh Badan Pusat Statistik yang sudah berpartisipasi dalam sensus penduduk online cuma 43,91 juta jiwa. Angka itu berdasarkan hasil pendataan Jumat ini.

“Kondisi terakhir jumlah penduduk yang mengisi sensus online 43,91 juta jiwa. Terima kepada seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi,” ujarnya.

Semetara pengisian formulir sensus penduduk online yang awalnya dibatasi hanya sampai 31 Maret 2020. Namun, BPS memperpanjang masa pengisian menjadi akhir Mei 2020 karena ada pandemi virus corona di Indonesia.

Bersamaan dengan itu, maka BPS turut memperpanjang masa wawancara berkaitan dengan sensus. Semula, jadwalnya 1-31 Juli 2020, kini berubah menjadi 1-30 September 2020.

Suhariyanto bilang perpanjangan masa wawancara dilakukan karena BPS perlu mengolah data sensus yang sudah masuk. Selain itu, masih ada tahapan penyiapan daftar penduduk dan pelatihan semua instruktur dari nasional hingga daerah, serta petugas lapangan.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca