Kemenag Gelar Malam Takbiran Secara Virtual

Sabtu, 23 Mei 2020 20:23 WITA Reporter : Makassarmetro
Kemenag Gelar Malam Takbiran Secara Virtual

MAKASSARMETRO – Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam akan menggelar Takbir Virtual Nasional dan Pesan Idul Fitri dari Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (23/5) malam ini.

“Menyambut hari kemenangan 1 Syawal 1441 H, Kemenag berharap seluruh umat muslim tetap dapat bersukacita meskipun kita harus melaluinya di tengah pandemi. Oleh karenanya kita membuat program Takbir Virtual Nasional dan Pesan Idul Fitri dari Istiqlal,” kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin

Takbir virtual ini akan disiarkan di stasiun TVRI, dimulai usai sholat Isya atau sekitar pukul 19.30 WIB turut dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wapres KH. Ma’ruf Amin melalui sambungan video conference.

Selain itu, Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid, Imam besar Istiqlal KH Nasaruddin Umar serta tokoh-tokoh kenamaan Islam akan turut meramaikan aktivitas takbir secara daring ini.

Sementara itu, Kepala Humas Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah menjelaskan, tidak menggelar malam takbiran bersama atau pun perayaan sholat Idul Fitri. Hal tersebut, sebagai langkah mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Ia juga memastikan, tidak akan ada Salat Id atau khotbah secara virtual.

“Enggak ada salat Id online, nggak ada juga [salat] di dunia nyata. Iya tidak ada juga khotbah yang disiarkan virtual,” ujar Abu.

Senada dikatakan oleh Kamaruddin Amin, kendati malam takbiran tak digelar secara beramai-ramai. Namun akan tetap semarak. Karena, acaranya dilakukan secara virtual yang bisa disaksikan masyarakat melalui TVRI.

“Malam takbiran virtual ada, kalau mau menyaksikan bisa di TVRI,” terangnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca