Hari Donor Darah Sedunia, PMI Ajak Warga Makassar Berpartisipasi untuk Kemanusiaan

Jumat, 12 Juni 2020 13:57 WITA Reporter : Makassarmetro
Hari Donor Darah Sedunia, PMI Ajak Warga Makassar Berpartisipasi untuk Kemanusiaan

MAKASSARMETRO – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartipasi pada kegiatan Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2020 yang diperingati setiap tanggal 14 Juni.

“Ini menjadi salah satu moment untuk mewujudkan rasa empati kepada sesama apalagi kita dihadapkan pada kondisi di tengah menghadapi pademi Covid-19,” ungkap Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal MI

Masyarakat tidak perlu takut melakukan donor darah saat pademi COVID-19, sebab protokol kesehatan dipastikan terlaksana dengan baik.

PMI Kota Makassar saat ini, menurutnya melakukan pengawasan ketat terkait kegiatan donor darah, mulai dengan melakukan pemeriksaan suhu badan, sterilisasi pendonor serta lokasi dan penggunaan alat pelindung diri (APD) untuk memastikan keamanan para petugas donor dan pendonor.

“Kita akui memang, masyarakat takut untuk mendonorkan darahnya disaat pademi Covid-19 ini dan inilah yang terus kita edukasi, baik itu dengan menggunakan masker saat donor darah serta sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” bebernya.

Oleh sebab itu, Deng Ical mengajak semua pihak untuk menyumbangkan darahnya guna membantu menjaga stok darah di PMI Makassar.

“Wujud rasa kepedulian tidaklah dibatasi oleh hari dan waktu-waktu tertentu, tetapi ini dapat terus dilaksananan. Jadi, masalah kemanusiaan ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Makassar Khudry Arsyad mengatakan adanya pademi virus Covid-19, aktifitas kegiatan donor darah baik di UTD dan mobile unit berkurang, akibatnya stok darah di PMI Kota Makassar menipis.

“Kita susah secara massif untuk memulihkan aktifitas donor darah di UTD PMI dan melalui mobile unit. Selama satu bulan ini, kita akan terus kampanyekan donor darah yang aman dan selamatkan jiwa,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut menurut dia akan dijadikan ajang promosi pentingnya donor darah sekaligus sosialisasi edukasi menghadapi pademi Covif-19.

Untuk itu, pihaknya akan berupaya menggandeng banyak pihak seperti instansi pemerintah dan swasta, TNI dan Polri, komunitas ojol, organisasi kepemudaan untuk penggalangan kantong darah menyambut Hari Donor Darah Sedunia.

“Tadi ada agenda pertemuan dengan PJ Wali Kota Makassar, yang intinya menyambut baik kegiatan hari Donor Darah Sedunia. Kegiatan tersebut akan diagendakan di 14 kecamatan bekerjasama dengan tripika kecamatan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” katanya saat ditemui di ruang kerja Wali Kota Makassar, Jumat (12/06).

Berikan Komentar
Komentar Pembaca