BPJS Makassar Gandeng Kejaksaan Uji Coba Pegasus

Selasa, 23 Juni 2020 09:54 WITA Reporter : Makassarmetro
BPJS Makassar Gandeng Kejaksaan Uji Coba Pegasus

MAKASSARMETRO – Setelah menjalin kerja sama dengan seluruh Kejaksaan Negeri yang ada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Makassar (Kejaksaaan Negeri Makassar, Gowa, Takalar, Maros dan Pangkep) terkait sinergi pelayanan tilang dan kepatuhan peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Makassar berhasil membuat aplikasi Pegasus guna memudahkan para pihak untuk mengimplementasikan kerja sama tersebut.

Aplikasi Pengecekan Tunggakan dan Status Kepesertaan atau yang disingkat Pegasus ini merupakan aplikasi bantu yang diberikan oleh BPJS Kesehatan untuk pihak kejaksaan guna mengecek kepesertaan dan tunggakan masyarakat yang terkena tilang, apakah masyarakat tersebut sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dan apakah masyarakat tersebut memiliki tunggakan atau tidak.

Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar, Greisthy E.L Borotoding menjelaskan bahwa dalam era digitalisasi saat ini dibutuhkan tindakan proaktif dan pemikiran inovatif dalam mengintegrasikan fungsi dan peran berbagai pihak demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam Program JKN-KIS.

“Aplikasi Pegasus sendiri akan diimplementasikan pertama kali di Kejaksaan Negeri Gowa. Jadi petugas dari kejaksaan selain memberikan pelayanan tilang, petugas juga akan memberikan informasi kepada masyarakat terkait kepesertaannya, jika belum terdaftar maka masyarakat akan diarahkan untuk segera mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS, kemudian jika masyarakat tersebut menunggak maka akan diarahkan untuk segera menyelesaikan tunggakannya tersebut di kanal pembayaran yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” jelas Greisthy beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Gowa, Yeni berharal aplikasi Pegasus dapat mengoptimalkan kerja sama antara pihak BPJS Kesehatan dengan pihak kejaksaan dalam meningkatkan kepatuhan kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Gowa.

“Setelah diterangkan oleh pihak BPJS Kesehatan, menurut kami aplikasinya cukup mudah dan sederhana untuk dijalankan. Insya Allah petugas kami akan cepat paham, apalagi pihak BPJS Kesehatan juga akan mendampingi lebih dulu saat pertama kali akan dioperasikan. Insya Allah apa yang kita kerjakan semua ini menjadi berkah,” harap Yeni.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca