Kemen PPPA Raih Penghargaan di Anugerah KPAI 2020

Kamis, 23 Juli 2020 09:02 WITA Reporter : Makassarmetro
Kemen PPPA Raih Penghargaan di Anugerah KPAI 2020

MAKASSARMETRO – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) memperoleh penghargaan khusus dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dalam Anugerah KPAI 2020.

Kategori penghargaan khusus diberikan kepada Kemen PPPA atas komitmen dan inovasinya dalam perumusan kebijakan, koordinasi dan sinkronisasi penyelenggaraan perlindungan anak, salah satunya dengan adanya tugas dan fungsi tambahan bagi Kemen PPPA.

“Penghargaan khusus kami sampaikan kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak karena komitmen dan inovasi-inovasi termasuk upaya perjuangan melakukan penguatan kelembagaan, ada tambahan mandat baru dari Presiden RI kepada Kemen PPPA dan tentu ini kami berikan penghargaan dan apresiasi,” ujar Ketua KPAI, Susanto. 

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga yang menerima langsung penghargaan menuturkan jika Presiden Joko Widodo telah menambahkan tugas dan fungsi Kemen PPPA yaitu sebagai penyedia layanan rujukan akhir bagi korban kekerasan dengan disahkannya Peraturan Presiden Nomor 65 Tahun 2020.

“Arahan dari Bapak Presiden tersebut bukanlah kepentingan Kemen PPPA saja, tapi harus diartikan sebagai komitmen bersama bagi pemerintah untuk menciptakan sistem yang ramah bagi seluruh rakyat Indonesia dari segala bentuk kekerasan termasuk kekerasan terhadap anak,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga usai menerima langsung penghargaan di Jakarta, Rabu (22/07).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Bintang menuturkan jika fakta dan data memperlihatkan bahwa kasus kekerasan pada anak di Indonesia masih sangat tinggi. Oleh karena itu dibutuhkan komitmen dan menjadi tanggung jawab bersama baik negara, pemerintah, masyarakat, keluarga, orang tua maupun wali untuk bersama meningkatkan upaya penyelenggaraan perlindungan anak di Indonesia.

“Masih banyaknya kasus kekerasan pada anak merupakan fakta yang sangat memprihatinkan dan perlu menjadi perhatian kita semua. Untuk itulah perlindungan terhadap anak hanya dapat tercapai dengan kerjasama yang baik antar sektor,” tutur Bintang.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca