Bersama PMI, Kwarcab Gerakan Pramuka Gowa Gelar Aksi Donor Darah

Sabtu, 15 Agustus 2020 22:07 WITA Reporter : Makassarmetro
Bersama PMI, Kwarcab Gerakan Pramuka Gowa Gelar Aksi Donor Darah

MAKASSARMETRO, Gowa – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa bekerjasama sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa menggelar aksi Donor Darah di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Sabtu (15/8/2020).

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa, Syahrir Rajab mengatakan kegiatan Donor Darah ini sebagai rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-59 Gerakan Pramuka.

“Jadi ini masih rangkaian dari Hari Pramuka oleh karena Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gowa bersama Kwartir Nasional telah menetapkan Agustus itu adalah bulan bakti bulan Pramuka,” ujarnya di sela-sela pelakasanaan.

Lanjutnya, Donor Darah ini dipilih sebagai salah satu rangkaian HUT Gerakan Pramuka karena ia menilai bahwa saat ini darah sangat dibutuhkan. Mengingat stok darah saat ini juga mengalami kelangkaan.

“Ini adalah alternatif yang kita tawarkan supaya betul-betul kita bisa memberikan sumbangsih yang terbesar bagi kehidupan kita,” kata Syahrini Rajab.

Kegiatan donor darah ini dibuka secara umum untuk masyarakat Kabupaten Gowa yang ingin mendonorkan darahnya. Dirinya menargetkan kegiatan ini bisa mengumpulkan 100 kantong darah.

“Saya berharap ini akan memberikan pendidikan kembali lagi kepada kita semua bahwa kita harus berbagi antar sesama satu dengan yang lainnya,” harapnya.

Kegiatan donor darah ini mendapat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Gowa, salah satunya dari Dinis Pendidikan Kabupaten Gowa. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Dr. Salam mengaku telah mengarahkan guru-guru di Gowa untuk ikut berpartisipasi menyumbangkan darahnya.

“Kurang lebih 100 guru kita kerahkan untuk ikut Donor Darah, baik dari dataran tinggi maupun dari dataran rendah. Mereka sementara perjalanan ke sini,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol yang juga Wakil Ketua PMI Kabupaten Gowa Bidang Bencana mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini tentu akan membantu ketersediaan darah di PMI.(JN)

Topik berita Terkait:
  1. Pemkab Gowa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca