Layanan Tes Rapid Antigen Gratis YKI: Buka Senin hingga Sabtu, Hasil Keluar 15 Menit

Rabu, 30 Desember 2020 14:34 WITA Reporter : Makassarmetro
Layanan Tes Rapid Antigen Gratis YKI: Buka Senin hingga Sabtu, Hasil Keluar 15 Menit Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – Membantu Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam menekan penyebaran COVID-19, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) membuka layanan rapid antigen untuk masyarakat secara gratis. Pelayanan berlangsung di kantor YKI, Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kota Makassar.

Ketua YKI Cabang Sulsel, Liestiaty F. Nurdin, mengatakan layanan dibuka tiap hari kecuali Ahad. Dimulai pukul 09.00 Wita hingga pukul 14.00 Wita

“Pemprov Sulsel bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia, hari ini mulai membuka untuk rapid antigen gratis bagi masyarakat. Alhamdulillah ini dilaksanakan secara gratis, daftarnya bisa lewat online dan dibatasi 100 orang per hari,” jelas Lies, Rabu (30/12/2020).

Rencananya kegiatan dilaksanakan selama sebulan. Respons masyarakat pun positif atas layanan yang diberikan Pemprov Sulsel sebagai respons atas meningkatnya kasus positif di Sulsel pasca pilkada.

“Ini sebagai bentuk perhatian Pemprov Sulsel kepada masyarakat akibat meningkatnya kasus terkonfirmasi positif di Sulsel pasca pilkada,” ucap Lies.

Koordinator Duta Wisata COVID-19, Husni Thamrin, menyebutkan layanan pemeriksaan rapid antigen ini dilakukan oleh tiga tenaga medis dan satu tenaga edukator.

Masyarakat yang telah terdaftar melalui website akan dipanggil untuk melakukan tes dan hasilnya akan diperoleh dalam waktu 15 menit.

“Hasilnya diperoleh melalui aplikasi, begitu datanya terinput, hasilnya akan keluar dalam waktu 15 menit dan bisa langsung di-print dan diberikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif akan diberikan edukasi oleh tenaga edukator untuk mengikuti program Duta Wisata COVID-19 di hotel yang telah disediakan Pemprov Sulsel.

Sari, warga asal Kota Jakarta yang ikut melaksanakan tes ini bersama keluarganya, mengaku cukup terbantu dengan layanan pemeriksaan gratis yang disediakan YKI dan Pemprov Sulsel. Dia menggunakan layanan ini untuk memperoleh surat keterangan karena akan kembali ke Jakarta.

“Layanan ini sangat membantu, terima kasih sekali karena sudah membantu, support ini sangat bagus untuk ke depannya,” kata Sari.

Tes rapid antigen merupakan layanan pemeriksaan yang mengambil sampel dari lendir hidung pasien untuk mengetahui protein yang terkandung di kulit virus corona.

Tingkat sensitivitas tes ini mencapai 92 persen, lebih tinggi dari tes rapid antibodi yang sebelumnya umum digunakan. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca