Dinas Kesehatan Sulsel: Vaksin COVID-19 segera Datang

Sabtu, 02 Januari 2021 14:01 WITA Reporter : Makassarmetro
Dinas Kesehatan Sulsel: Vaksin COVID-19 segera Datang Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari.

MAKASSARMETRO – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tengah mempersiapkan distribusi vaksin COVID-19 ke semua provinsi di Indonesia. Rencananya mulai Januari ini.

Sulsel termasuk salah satu provinsi yang tengah bersiap menyambut rencana vaksinasi. Berbagai perencanaan pun terus dimatangkan agar program pusat itu bisa berjalan lancar.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari, mengatakan rencana vaksinasi terus dikoordinasikan dengan Kemenkes. Pihaknya pun menyiapkan fasilitas kesehatan dan sumber daya manusia.

Meski belum ada tanggal pasti kapan vaksin rencananya disalurkan, dijadwalkan pusat akan dilakukan bulan ini.

“Ini sementara kita video cenference terus dengan Menteri Kesehatan bagaimana persiapannya. Kalau melihat jadwal di bulan Januari, tapi ini tanggalnya masih tentatif,” sebut Ichsan dikutip dari Sindonews, Sabtu (2/1/2021).

Ichsan belum menjelaskan lebih rinci skenario perihal vaksinasi. Apalagi kuota atau jatah pendistribusian vaksin di tiap provinsi belum ditentukan pusat. Menunggu petunjuk teknis dari Kemenkes.

Disebutkan bahwa jatah vaksin 19 akan berbeda di tiap provinsi, begitupun di tiap kabupaten/kota Sulsel. Tergantung zona risiko COVID-19 di suatu wilayah.

“Tapi yang pasti adalah untuk tahap pertama ini semua nakes dulu yang menjadi target pertama. Ini menurut hasil video conference Kemenkes. Tentu juga dalam waktu dekat ada perubahan-perubahan, tapi secara tentatif begitu. Ketentuan penyelenggaraan vaksinasi covid dari pusat. Kami di daerah cuma mendukung,” paparnya.

Di Sulsel, kata Ichsan, simulasi vaksinasi juga terus dimatangkan. Sebelumnya pihaknya juga sudah melatih sekitar 1.099 tenaga menjadi vaksinator. (*)

Sumber: Sindonews

Berikan Komentar
Komentar Pembaca