30 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 Tiba di Makassar

Selasa, 05 Januari 2021 12:56 WITA Reporter : Makassarmetro
30 Ribu Dosis Vaksin COVID-19 Tiba di Makassar Foto: iNews.

MAKASSARMETRO – Tiga puluh ribu vaksin COVID-19 merek Sinovac tiba di Kota Makassar dan langsung disimpan di Gudang Penyimpanan Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan, Jalan Perintis kemerdekaan, Selasa (5/1/2021).

Vaksin itu dijaga ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap saat tiba dari kargo Bandar Udara International Sultan Hasanuddin dari Jakarta mengunakan jalur udara pada pukul 05.50 Wita.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, dr Ichsan Mustari, mengatakan, vaksin tiba sekitar pukul 05.00 Wita dan telah diterima Pemerintah Provinsi Sulsel.

“Untuk jumlah vaksin COVID-19 yang diterima itu yakni 30 ribu unit vaksin atau dosis dari jumlah total yang dibutuhkan yakni 64 ribu 640 unit atau dosis,” ungkapnya.

Adapun 30 ribu dosis vaksin COVID-19 pengiriman tahap awal ini dikhususkan untuk tenaga medis di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan masih menunggu pengiriman vaksin lanjutan di tahap dua untuk memenuhi kuota jumlah dosis yang dibutuhkan,” bebernya.

Sebelum didistribusikan, terlebih dahulu akan dilakukan koordinasi dengan 24 kabupaten/kota tersebut, lalu secara serentak akan diluncurkan pada 14 Januari 2021.

“Disimpan di gudang penyimpanan vaksin Sinovac akan dijaga ketat aparat keamanan sebelum dilakukan launching secara serentak 14 Januari mendatang,” katanya.

Dari total vaksin yang diberikan ke Sulsel lanjut Ichsan, sebagian besar akan diberikan ke Pemkot Makassar yakni sebanyak 14.355 dosis vaksin.

Diketahui, 30 ribu vaksin COVID-19 yang terbagi dalam 16 kardus itu langsung diangkut dari mobil boks pendingin bersuhu dua derajat celcius ke tempat cold box di gudang penyimpanan yang memiliki ukuran panjang tiga meter dan lebar empat meter dengan suhu dua sampai delapan derajat celcius. (*)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca