Disdik Makassar Buka 1.030 Formasi PPPK Diperuntukan bagi Guru Honorer

Kamis, 07 Januari 2021 18:54 WITA Reporter : Nurul Rahmatun Ummah
Disdik Makassar Buka 1.030 Formasi PPPK Diperuntukan bagi Guru Honorer Irwan Bangsawan.

MAKASSARMETRO – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar membuka 1.030 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukan bagi tenaga pendidik berstatus honorer.

Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Disdik Makassar, Irwan Bangsawan, Kamis (7/1/2020). “Artinya, kan, pendapatan mereka meningkat dengan status PPPK. Ini juga akan mengurangi beban APBD karena mereka dibiayai pemerintah pusat,” ujar Irwan.

Menurutnya, kebijakan pemerintah pusat membuka kuota formasi satu juta guru PPPK sudah tepat. Sebab, kebijakan ini mampu meningkatkan kesejahteraan para guru honorer atau kontrak.

Irwan menjelaskan, formasi PPPK yang dibuka pada tahun ini hanya dikhususkan bagi guru honorer. Kendati demikian, PPPK hanya akan diisi guru honorer yang terdaftar di disdik dan tidak dibuka untuk umum.

“Formasi itu khusus untuk guru honorer saja yang terdata di disdik, tidak untuk umum,” terangnya.

Irwan juga mengomenari informasi terkait rencana penghapusan formasi guru pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Menurutnya, pemerintah harus tetap membuka formasi guru pada seleksi CPNS.

Begitupun dengan PPPK. Apalagi ada batasan usia maksimal 35 tahun pada seleksi CPNS. “Jadi beda PPPK, beda PNS. Jadi tetap harus ada penerimaan guru di seleksi CPNS,” papar Irwan. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Dinas Pendidikan Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca