Pertamina Pasok Bright Gas secara Reguler untuk 41 Dapur Umum di Sulbar

Selasa, 26 Januari 2021 13:51 WITA Reporter : Makassarmetro
Pertamina Pasok Bright Gas secara Reguler untuk 41 Dapur Umum di Sulbar

MAKASSARMETRO – Sepuluh 10 hari pascagempa magnitudo 6,2 yang melanda Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), Pertamina terus bergerak membantu pemulihan kehidupan masyarakat.

Selain memberikan bantuan logistik berupa sembako dan perlengkapan sehari-hari untuk membantu pemulihan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat, Pertamina juga memberikan bantuan berupa tabung Bright Gas gratis untuk dapur umum posko pengungsian yang tersebar di Majene dan Mamuju.

Sebanyak 41 titik dapur umum dipasok Bright Gas secara reguler dengan jumlah tabung yang diberikan hingga Ahad (24/1/2021) sebanyak 122 tabung Bright Gas 5,5 kg dan 96 tabung Bright Gas 12 kg.

Unit Manager Comm, Rel, & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali, mengatakan keberadaan dapur umum memiliki peran vital di tengah banyaknya titik-titik pengungsian masyarakat serta masih banyak pasar dan swalayan yang menyediakan kebutuhan sehari-hari tutup karena banyak masyarakat memilih mengungsi ke tempat yang aman.

Lebih lanjut Laode mengatakan saat awal pascagempa, Pertamina langsung mengambil langkah cepat untuk membantu memberikan bantuan tabung Bright Gas ke posko pengungsian dari Pasangkayu dan Polewali Mandar.

“Kami menyadari betapa sulitnya untuk mendapatkan bahan makanan di masa seperti ini. Keberadaan dapur umum sangat membantu masyarakat di pengungsian, maka dari itu, secara gratis kita pasok secara reguler tabung Bright Gas untuk kemanusiaan,” ujar Laode, Selasa (26/1/2021).

Bantuan pasokan Bright Gas di antaranya diberikan ke 18 titik dapur umum yang dikoordinasi oleh Dinas Sosial Provinsi Sulbar, sedangkan lainnya diberikan ke dapur umum posko induk, posko Satgas BUMN, dan dapur umum pengungsian yang dikelola secara mandiri.

Pertamina saat ini terus berupaya memulihkan perekonomian dan normalisasi kehidupan setempat. Bantuan akan terus diberikan hingga masa tanggap darurat selesai.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat, Bau Akram mengatakan dirinya sangat bersyukur, tenaga dapur umum yang dikoordinir dari berbagai kota/kabupaten seperti Palu, Makassar, dan sekitarnya tak hanya mendapatkan pasokan tabung Bright Gas, tapi juga mendapatkan 50 unit Kompor High Pressure untuk membantu memperbanyak peralatan memasak yang cukup dan memadai.

“Kami sangat bersyukur dan berterimakasih. Ini sangat memudahkan kami. Bahkan beberapa kompor yang kami gunakan saat ini merupakan bantuan Pertamina Peduli saat gempa Palu 2018,” ucap Bau Akram. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Gempa Sulbar
  2. pertamina
  3. PT Pertamina
Berikan Komentar
Komentar Pembaca