Penampakan Setya Novanto hingga Jero Wacik yang Jadi Petani di Lapas Sumamiskin

Jumat, 29 Januari 2021 14:23 WITA Reporter : Makassarmetro
Penampakan Setya Novanto hingga Jero Wacik yang Jadi Petani di Lapas Sumamiskin Foto: Istimewa.

MAKASSARMETRO – Pemandangan unik tersaji di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/1/2021).

Salah satu pos kerja bagi warga binaan, yakni pos kerja pertanian melakukan panen raya padi untuk pertama kalinya.

Para petani yang turun tangan adalah mantan pejabat tinggi alias para terpidana kasus korupsi yang menghuni Lapas Sukamiskin.

Beberapa warga binaan yang terlibat, yakni mantan Ketua DPR, Setya Novanto dan mantan Kakorlantas, Joko Susilo. Kemudian, mantan Menteri ESDM, Jero Wacik dan mantan Wali Kota Bandung, Dada Rosada.

Selain padi, pos kerja pertanian di Lapas Sukamiskin juga memiliki berbagai macam hasil pertanian lain seperti jagung, umbi, cabai, tanaman obat. Bahkan, ada juga peternakan merpati hingga budidaya ikan.

Kepala Lapas Sukamiskin Asep Sutandar mengatakan, pos kerja ini merupakan salah satu pos kerja unggulan di Lapas Sukamiskin.

Pos ini berupaya mempersiapkan para warga binaan agar dapat lebih mandiri setelah menjalani masa pidana. Kegiatan ini dilakukan di bawah pengarahan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat.

Asep Sutandar menjelaskan bahwa pos kerja pertanian akan dikembangkan lebih kompleks lagi, sehingga bisa menjadi percontohan bagi Lapas lainnya di Indonesia.

“Meskipun dengan lahan yang terbatas, namun tidak akan menjadi hambatan dalam peningkatan kualitas pos kerja ini,” kata Asep dalam keterangannya, Jumat (29/1/2021), dikutip dari Kompas.

Salah seorang warga binaan, Jero Wacik, mengapresiasi pola pembinaan yang diterapkan dalam pembentukan pos kerja ini. (*)

Topik berita Terkait:
  1. Lapas Sukamiskin
  2. Setya Novanto
Berikan Komentar
Komentar Pembaca