somberena parlementa

Manfaat Antioksidan dari Teh dan Kopi

Minggu, 16 Juni 2019 09:33 WITA Reporter : Widya
Manfaat Antioksidan dari Teh dan Kopi

MAKASSARMETRO- Selain dari buah dan sayur, antioksidan juga bisa didapatkan dari teh dan kopi.

Ternyata, minuman dari teh dan kopi mengandung antioksidan dalam kadar yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan buah dan sayur.

Bagi tubuh, antioksidan bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas dan mencegah penyakit tertentu.

Radikal bebas ini berasal dari asap rokok, asap kendaraan, atau sinar matahari. Radikal bebas juga bisa berasal dari bahan kimia berasun yang bisa merusak susunan DNA dalam sel dan jaringan tubuh. Bahkan, dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit tertentu, seperti kanker dan penyakit jantung.

Dilansir dari alodokter.com, bahaya radikal bebas dapat ditangkal dengan antioksidan yang terkandung dalam teh dan kopi.

Ada empat keistimewaan teh melawan radikal bebas. Pertama, teh mengandung banyak polifenol, yaitu zat yang bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi peradangan dan membantu tubuh melawan kanker.

Kedua, hampir semua jenis teh mengandung flavonoid, yaitu antioksidan yang mampu mencegah terbentuknya sumbatan atau plak dalam pembuluh darah, serta mencegah penyakit jantung.

Ketiga, minum teh bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang berbahaya bagi tubuh jika jumlahnya berlebihan. Selain itu, teh juga dipercaya bisa menurunkan tekanan darah.

Keempat, teh hijau dan teh hitam mengandung antioksidan sepuluh kali lebih banyak dibandingkan antioksidan dalam sayur dan buah. Kedua jenis teh ini disebut mampu meningkatkan

Sementara khasiat kpi dalam melawan radikal bebas juga ada empat. Pertama, Antioksidan kuinin dalam kopi bersama-sama dengan magnesium akan menyeimbangkan kadar gula darah, yang kemudian bisa meminimalkan risiko terjadinya diabetes tipe 2.

Kedua, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada kopi dapat mengurangi risiko gigi berlubang, meringankan sakit kepala, dan memperbaiki mood.

Ketiga, kopi juga bisa menurunkan risiko munculnya beberapa penyakit, seperti batu empedu, kanker hati, kanker usu besar, sirosis, dan depresi.

Keempat, baik kopi maupun teh, keduanya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit Parkinson, demensia, dan stroke.

Kendati teh dan kopi mempunyai manfaat untuk menangkal radikal bebas, mengonsumsi dua minuman ini perlu dikontrol. Sebab dapat menimbulkan efek samping seperti susah tidur, rasa cemas atau gelisah, jantung berdebar-debar, letih, serta sering buang air kecil.

Disarankan pula untuk mengonsumsi teh dan kopi tanpa gula.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca