somberena parlementa

Proses Rekrutmen Jemaah Haji di Sulsel, Mahasiswa Ricuh Depan Kemenag

Selasa, 02 Juli 2019 20:52 WITA Reporter : Haider
Proses Rekrutmen Jemaah Haji di Sulsel, Mahasiswa Ricuh Depan Kemenag

MAKASSARMETRO– Unjuk rasa mahasiswa di Kantor Kemenag Sulsel berlangsung ricuh. Kericuhan ini terjadi saat mahasiswa berorasi dengan berusaha membakar ban bekas di jalan.

Polisi dan petugas Kemenang Sulsel yang berusaha menghalau aksi mahasiswa terlibat saling dorong dan tarik. Bahkan sejumlah mahasiswa nyaris terbakar saat mahasiswa menyiram bensin dan menyalakan api.

Aksi ini digelar menuntut transparasi perekrutan jemaah haji di Sulsel yang dinilai tidak transparan. Mahasiswa menolak keras hasil rekrutmen jemaah haji oleh Kemenag di Sulsel.

“Menolak hasil kloter dan nonkloter
adanya indikasi monopoli perekrutan terdapat kerabat dan keluarga Kakanwil dan melakulan prekrutan haji,” kata koordinator aksi, Ahmad Fataruddkn Attar, didpan Kantor Kemenag Sulsel, Jalqn Nuri Makassar, Selasa (2/7/2019).

Lebih lanjut ia pun dengan tegas meminta agar Kepala Kemenag Sulsel segera dicopot dari jabatanya karena dinilai memafaatkan jebatanya pada penerimaan jemaah haji di Sulsel.

“Diindikasi monipoli jabatan dengan memanfaatkan jabatanya. Menolak hasil rekrutmen petugas haji dan meminta Kakanwil melakukan perekrutan ulang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Sulsel, Kaswad Sartono mngatakan perekrutan jemaah haji sudah profesional dan sesuai aturan.

“Kalau dikatakan tidak transparan dan ada hal hal sesuai aturan sudah lama kami bertangun jawab sama pimpinan, itu komitmen bersama mulai pimpinan tertinggi, pak Menteri, Dirjen, Kanwil dan Saya,” kata Kaswad.

Iapun yakin petugas Kanwil Kemenag Sulsel sudah transparan dalam perekrutan jemaah haji di Sulsel.

“Rekrutmen prtugaz haji tidak bisa main main, itu sudah terbuka profesional dan bahkan sesuai aturan integritas di pertaruhankan semua bersyarat dan prosedural dan rekrutmen petugas sudah on the trac,” tutupnya.

Topik berita Terkait:
  1. Jemaah Haji
  2. Kemanag Sulsel
  3. Sulsel
Berikan Komentar
Komentar Pembaca