somberena parlementa

Disdag Makassar Bakal Tata Seluruh PKL Mulai Tahun Depan

Senin, 22 Juli 2019 14:31 WITA Reporter : Helmy
Disdag Makassar Bakal Tata Seluruh PKL Mulai Tahun Depan

MAKASSARMETRO – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perdagangan bakal menata seluruh pedagang kaki lima (PKL) yang ada di seluruh Kota Makassar. Rencananya bakal dilaksanakan pada tahun depan.

Kabid Usaha Perdagangan (Disdag) Makassar, Abdul Hamid menegaskan bahwa pedagang akan disiapkan lapak dagangan yang lebih layak tanpa mengubah jenis dagangan

“Di tahun 2020 kita akan tata tempat-tempat jualannya. Misalnya sekarang ini yang di pinggir jalan itu menggunakan tenda darurat, ada juga dari seng-seng berkarat yang bikin kota ini kurang kelihatan rapi dan bersih,” ungkap Abdul Hamid, Senin (22/7/2019).

Dia menjelaskan, lapak atau kios yang akan disiapkan terbuat dari baja ringan berikut dengan model yang membuat pembeli dan penjual nyaman bertransaksi. Selain itu, bakal dipercantik dengan desain dan warna yang atraktif.

“Kita mau PKL kita juga elok kelihatan, tetap berjualan tanpa menampilkan kesan kumuh, sehingga keindahan kota juga terjaga,” ujarnya.

Hanya saja, kata Abd Hamid, hal-hal yang melanggar aturan seperti berjualan di pedestrian maupun di badan jalan tetap tidak diperkenankan. Disdag Makassar berencana menggeser posisi kios ke belakang trotoar atau di atas drainase.

“Jadi desainnya itu di sifatnya fleksibel, kita rencana akan tempatkan di atas drainase di kawasan yang sama, atau kalau ada lahan pinggir jalan juga bisa. Karena trotoar atau pedestrian dan badan jalan tidak bisa ditempati berjualan,” ujarnya.

Tahun depan, Disdag Makassar akan membuat kios untuk 50 PKL. Untuk tahap pertama, PKL dari tujuh kecamatan zona barat yang akan ditata terlebih dahulu.

“Penataan ini bagian dari upaya Disdag Makassar untuk mendukung Makassar bersih,” pungkasnya.

Topik berita Terkait:
  1. Disdag Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca