somberena parlementa

Disnaker Makassar Gelar Temu Teknis, Bahas Penyelesaian Perselisihan HI

Rabu, 02 Oktober 2019 13:11 WITA Reporter : Makassarmetro
Disnaker Makassar Gelar Temu Teknis, Bahas Penyelesaian Perselisihan HI

MAKASSARMETRO – Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar menggelar Temu Teknis Penegakan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

Kegiatan yang telah memasuki angkatan kedua di tahun 2019 ini diselenggarakan di Hotel Aerotel Smile, Jalan Muchtar Lutfi, Makassar. Rabu (2/10/2019).

Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, Ariansyah mengemukakan, kegiatan seperti ini akan membantu pekerja dan perusahaan dalam menyelesaikan perselisihan industri yang bisa saja terjadi.

“Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pekerja khususnya yang bergabung di serikat pekerja tentang cara menyelesaikan perselisihan,” terang Ariansyah.

Penyelesaian perselisihan, kata dia, ada dua metode. Yang pertama yakni bipartit, penyelesaian internal lingkup perusahaan. Namun jika diperlukan bisa ditempuh dengan tripartit, yakni menghadirkan unsur Pemerintah sebagai mediator.

Jika terjadi perselisihan sebaiknya diselesaikan secara bipartit dan tripartit dengan membuka perundingan antara pekerja dengan pihak perusahaan. Kalau memang masalah itu tidak bisa diselesaikan, tidak ada solusi dan kesepakatan, barulah dilaporkan ke Disnaker Makassar,” terangnya.

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Disnaker Makassar, Imran Mansyur ini diikuti puluhan peserta yang merupakan perwakilan dari serikat buruh dan pekerja yang ada di Kota Makassar.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca