Elektabilitas Tertinggi Pilkada Makassar 2020, Nama Danny Pomanto Dikirim Ke DPP PAN

Senin, 30 Desember 2019 11:04 WITA Reporter : Makassarmetro
Elektabilitas Tertinggi Pilkada Makassar 2020, Nama Danny Pomanto Dikirim Ke DPP PAN

MAKASSARMETRO – Popularitas dan elektabilitas mantan Walikota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto menjadi perhatian sejumlah partai politik untuk diusung pada Pilkada Kota Makassar tahun 2020 mendatang.

Salah satu parpol yang melirik Danny Pomanto yakni Partai Amanat Nasional (PAN). Nama Danny Pomanto bahkan sudah dikirim ke pengurus pusat partai berlogo matahari ini.

Ketua DPW PAN Sulawesi Selatan, Ashabul Kahfi mengatakan, PAN telah mengirimkan beberapa nama bakal calon untuk diusung pada Pilkada Makassar mendatang.

“Ada tiga namalah yang dikirim (ke DPP PAN, red.), salah satunya Danny Pomanto,” kata Ashabul Kahfi.

Meski begitu, dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada pengurus DPP PAN, dalam hal pemberian rekomendasi, yang rencananya akan dilakukan awal tahun 2020 mendatang.

Dalam rilis beberapa lembaga survei terkait elektabilitas bakal calon Walikota Makassar 2020 nama Danny Pomanto selalu menempati posisi teratas.

Pada 12 September 2019 lalu, Parameter menunjukkan masih unggul atas kandidat lainnya. Danny Pomanto unggul dengan angka 33 persen.

Posisi berikutnya ditempati Syamsu Rizal 20 persen, Aliyah Mustika Ilham 8,3 persen, Irman Yasin Limpo 7,6 persen, Munafri Arifuddin  6 persen, Rusdin Abdullah 2,7 persen. Sedangkan dua kandidat lainnya Sukriansyah S Latief dan dr Fadli Ananda masih di bawah satu persen.

Danny Pomanto juga menempati posisi teratas survei yang dilakukan oleh Insert Institute. Hasil survei mengunggulkan Danny Pomanto. Lembaga ini secara khusus menguji elektabilitas Danny dengan Syamsu Rizal. Hasilnya, Danny Pomanto masih unggul jauh, yakni 51 persen. Sementara Deng Ical masih berada pada angka 31 persen.

Hasil survei teranyar dari Pedoman Suara Indonesia (PSI), Ahad (19/12/2019), menunjukkan elektabilitas Danny Pomanto sebesar 56,84 persen menempati posisi teratas pada Agustus 2019. Tingkat keterpilihan Danny Pomanto dicatat PSI mengalami penurunan sebesar 19,62 persen pada bulan Desember 2019.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca