somberena parlementa

25 Mahasiswa Asing Belajar Budaya, Bahasa dan Karakter di Sulsel

Jumat, 03 Januari 2020 14:05 WITA Reporter : Makassarmetro
25 Mahasiswa Asing Belajar Budaya, Bahasa dan Karakter di Sulsel

MAKASSARMETRO -Sebagai upaya mengembangkan destinasi wisata dan budaya di Sulawesi Selatan. Universitas Muslim Indonesia menerima 25 mahasiswa asing untuk menempuh pendidikan di UMI Makassar.

Hal ini ditandai dengan diluncurkan Internasional Summer Course Tahap Kedua (Batch II), melalui Partial Scholarship on International Summer Course, di Auditorium Al Jibra UMI Makassar, Jalan Urip Sumoharjo, Jumat (3/1/2020).

Rektor Universitas Muslim Indonesia UMI Makassar, Prof Basri Modding mengatakan kegiatan ini untuk meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang memilih untuk mengikuti pendidikan di Universitas Muslim Indonesia, sebagai konsekwensi dan pertanggungjawaban dari Perguruan Tinggi yang telah mendapatkan pengakuan dari Pemerintah Republik Indonesia sebagai perguruan tinggi bermutu unggul atau Akreditasi.

“Jadi 25 mahasiswa asing ini akan diperkenalkan budaya disejumlah daerah di Sulawesi Selatan. Mengunjungi beberapa daerah daerah destinasi yang memiliki nilai budaya misalnya daerah Bulukumba seperti Kajang dan Bira,” kata Basri Modding.

Basri mengatakan selain belajar budaya, mahasiswa asing ini juga akan belajar bahasa Indonesia dan bersentunhan langsung dengan masyarakat Makassar. Tak hanya itu mereka juga akan mengunjungi Pesantren Padanglampe milik UMI Makassar sebagai tempat pembinaan agama dan karakter bagi mahasiswa UMI Makassar.

“Dan ke Pangkep masuk pada pesantren Padanglampe yang dibesarkan UMI. Selanjutnya dia akan berada di masyarakat Makassar, dia akan belajar bahasa Indonesia. Dia akan melihat pembinaan karakter di Padanglampe untuk mahadiswa,
Dia akan toraja juga, khusus budaya, belajar budaya dan bahasa Indoensia,” jelasnya.

Ke 25 mahasiswa asing ini berasal dari Jepang, Australia, Pilipina hingga Thailand. Iapun akan belajar selama 2 minggu lamanya dan berada di rumah dosen UMI Makassar.

“Kita recnanakan tahap pertama 25 orang yang bersedia yaitu jepang, Australia dari Philipina dan Thailand. Kita perkirakan 2 minggu mulai 22 sudah disini, dia akan belajar bahasa indonesia dan dinilai oleh 1 SKS, Ini akan bercampur dia akan menginap di rumah family, keluarga dosen,” tutupnya.

Topik berita Terkait:
  1. UMI Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca