somberena parlementa

Ratusan WNI Bakal Dievakuasi dari Pusat Virus Corona

Jumat, 31 Januari 2020 21:40 WITA Reporter : Makassarmetro
Ratusan WNI Bakal Dievakuasi dari Pusat Virus Corona

MAKASSARMETRO – Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di pusat sumber virus corona, Wuhan, Provinsi Hubei, Cina akan dievakuasi oleh Pemerintah. Presiden Joko Widodo menyebut upaya evakuasi di bawah koordinasi Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

”Ini dikoordinir oleh Menteri Luar Negeri bersama seluruh menteri yang terkait, baik Menteri Kesehatan, Panglima TNI, kemudian Kepala BNPB, Kepala Pariwisata, Menteri Perhubungan semuanya terkait dengan ini. Karena juga merupakan sebuah pekerjaan besar,” ujar Presiden Jokowi, Jumat (31/1/2020).

Lebih lanjut, Presiden mengatakan bahwa kemarin World Health Organization (WHO) juga sudah mengumumkan situasi darurat global yang terkait dengan Virus Corona.

“Jadi saya kira keputusan kita kemarin untuk mengevakuasi itu sudah betul. Sehingga ini yang perlu dimatangkan adalah bagaimana secepatnya membawa WNI kita sebanyak kurang lebih 243 orang untuk menuju ke Indonesia dengan tahapan-tahapan,” ujar Presiden.

Indonesia menyiapkan pesawat militer maupun komersial untuk membawa WNI pulang ke Tanah Air. Hanya saja, bandara yang bakal digunakan hanya satu dan dilokalisir untuk kepentingan observasi.

“TNI siap, komersial juga siap. Nanti kita tinggal apa, karena kita juga tergantung otoritas yang ada di Wuhan. Nanti hanya 1 bandara lah, sementara 1 bandara. Disatukan dulu kemudian sambil diobservasi,” katanya.

Sementara, Menlu Retno Marsudi mengatakan kepada Dubes RRT untuk proses pendaratan dan pergerakan pesawat evakuasi WNI dari Provinsi Hubei.

“​Keberangkatan pesawat penjemput bersama tim akan dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam.Pesawat yang digunakan adalah pesawat berbadan lebar agar semua WNI yang bersedia dievakuasi dapat diterbangkan secara langsung tanpa melalui transit,” kata dia.

Topik berita Terkait:
  1. Virus Corona
Berikan Komentar
Komentar Pembaca