somberena parlementa

Di Hadapan KAMMI, Muda Tawarkan Konsep Pemuda Berdaya

Senin, 24 Februari 2020 19:18 WITA Reporter : Makassarmetro
Di Hadapan KAMMI, Muda Tawarkan Konsep Pemuda Berdaya


MAKASSARMETRO – Bakal Calon Walikota Makassar Mudzakkir Ali Djamil atau yang biasa disapa Muda, hari ini didaulat menjadi pembicara dalam Dialog Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia dalam rangkaian kegiatan Daurah Marhalah 3 KAMMI Sulsel.

Selain Muda, Ketua TGUPP Sulsel Prof Yusran juga ikut menjadi pembicara dalam Dialog Kebangsaan yang mengambil tema Pemuda, UMKM dan Kesejahteraan Sosial. Kegiatan ini bertempat di Baruga Pattingalloang Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, berlangsung dari jam 8 pagi hingga 13.00.

“Pada tahun 2030 yg akan datang, Indonesia akan berada pada kondisi bonus demografi, dimana populasi penduduk usia produktif yaitu kisaran usia 17-64 tahun dengan persentase sekitar 60-70 persen. Kondisi seperti itu merupakan sebuah peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia untuk bisa bertumbuh secara ekonomi,” kata Muda.

Menurutnya, sangat penting bagi pemuda untuk mempersiapkan segala hal dalam menghadapi bonus demografi itu.

” SDM kita harus memiliki keterampilan, membuka lapangan pekerjaan dan menumbuhkan wirausaha baru serta membuat kebijakan yang merespon kondisi di masa datang,” jelas Mudzakkir Ali Djamil

Sebagai organ pergerakan mahasiswa, Muda berharap KAMMI dapat mengambil peran strategis menghadapi bonus demografi tersebut. Misalnya bagaimana menyiapkan kalangan mahasiswa dan pemuda untuk memiliki pikiran inovatif dan kreatif, memiliki keterampilan dan punya mental enterpreneurship.

” Jika semuanya ada, itulah yang saya sebut Pemuda Berdaya. Tentu harus berkolaborasi dengan pemerintah dan pihak lainnya. Pemerintah harus hadir menstimulasi dalam bentuk permodalan dan akses kepada pemuda.” tegas Muda

Berikan Komentar
Komentar Pembaca