Fakultas Keperawatan Unhas Bantu Penuhi APD Sejumlah Rumah Sakit Rujukan

Selasa, 07 April 2020 18:56 WITA Reporter : Makassarmetro
Fakultas Keperawatan Unhas Bantu Penuhi APD Sejumlah Rumah Sakit Rujukan

MAKASSARMETRO -Sebagai wujud kepedulian terhadap wabah Covid-19 yang sedang melandai tanah air, khususnya di Sulawesi Selatan, Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin turut berkontribusi.

Langkah yang dilakukan adalah membantu pemenuhan keperluan Alat Perlindungan Diri (APD) yang saat ini sangat dibutuhkan oleh tenaga media yang berada di garda terdepan. Penyaluran APD disalurkan dilakukan melalui beberapa Rumah Sakit yang menangani pasien Covid-19.

Pemberian bantuan ini dapat terlaksana atas kerja sama dengan Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Sulawesi Selatan, Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) Regional 12 Sulawesi, serta Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIVIKI) Regional 8 Sulawesi.

Dekan Fakultas Keperawatan Unhas, Dr. Ariyanti Saleh menjelaskan bahwa bantuan APD tersebut diperoleh dari sumbangan dana yang digalang oleh sivitas akademika dan alumni Fakultas Keperawatan Unhas, Institusi Pendidikan KeperWatan yang ada di wilayah Sulsel, para sejawat perawat serta unsur masyarakat umum lainya.

“Sebelumnya kita membuka penggalangan dana kerja sama dengan PPNI, AIPNI Region 12 dan AIVIKI Region 8 Sulawesi. Dari sumbangan ini, kami gunakan untuk membeli APD bagi perawat di sejumlah rumah sakit yang saat ini menangani pasien Covid-19,” jelas Ariyanti, Selasa (7/4/2020).

Dari hasil penggalangan dana tersebut, telah berhasil disalurkan 46 buah APD lengkap, dan 100 pasang handschoon. Selain itu, untuk membantu daya tahan tubuh tenaga medis juga disertakan sebanyak 30 botol vitamin C dan 14 strip multivitamin.

Barang-barang tersebut telah disalurkan untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Sulsel, serta DPD PPNI Kota Makassar.

“Bantuan ini untuk tahap pertama. Tahap selanjutnya kami sudah memesan 100 paket APD lengkap untuk didonasikan ke DPD PPNI kota dan kabupaten di wilayah Sulawesi Selatan,” sambung Ariyanti.

Fakultas Keperawatan Unhas menjadi pusat rujukan pengembangan keperawatan di Kawasan Timur Indonesia. Salah satu misinya bergerak dalam bidang pengabdian masyarakat dan kemanusiaan telah banyak berkontribusi pada sejumlah bencana, misalnya bencana di Lombok, Palu maupun Asmat.

“Sebagian besar perawat yang bekerja di rumah sakit sebagai lini terdepan dalam pelayanan Covid-19 adalah alumni kami, jadi sangatlah wajar jika kami ikut bergerak membantu kebutuhan mereka selama menjalankan tugas mulia tersebut,” lanjut Ariyanti.

Ariyanti berharap kegiatan ini dapat membantu ketersediaan APD yang memang sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis, sehingga para perawat dan tenaga medis dapat melaksanakan tugas dalam keadaan sehat dan selamat.

“Ini bentuk dukungan dan apresiasi kami kepada para perawat dan tenaga kesehatan lainnya dalam perang melawan Covid-19 ini. Juga sebagai sarana edukasi dan promosi kepada masyarakat untuk peduli terhadap bencana Covid-19 sehingga mau mengikuti petunjuk dan arahan pemerintah terkait pencegahan wabah ini,” tutup Ariyanti.(*)

Topik berita Terkait:
  1. Fakultas Keperawatan Unhas
  2. Unhas
Berikan Komentar
Komentar Pembaca