May Day, Ini Pesan Kadisnaker Makassar untuk Pekerja

Jumat, 01 Mei 2020 22:54 WITA Reporter : Makassarmetro
May Day, Ini Pesan Kadisnaker Makassar untuk Pekerja

MAKASSARMETRO — Peringatan Hari Buruh Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Mei biasanya diramaikan dengan aksi unjuk rasa turun ke jalan, tidak terkecuali di Makassar. Namun hari ini, justru tidak nampak konsentrasi massa aksi di sejumlah ruas jalan.

Hal ini lantaran penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di Kota Makassar yang sudah berlaku sejak 24 April 2020 lalu. Di mana di dalamnya dibatasi segala kegiatan yang sifatnya melibatkan orang banyak.

Melihat kondisi ini, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Makassar, Andi Irwan Bangsawan menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada buruh dan serikat buruh di Makassar. Pasalnya , mereka mendukung upaya untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Terima kasih kepada teman-teman serikat dan buruh. Saya apresiasi dan bangga, karena mereka turut membantu mencegah potensi penularan Covid-19 dengan tidak aksi di jalan dengan massa yang banyak,” ungkap Andi Irwan Bangsawan, Jumat (1/5/2020).

Dia menyebut tetap ada aksi yang dilakukan oleh beberapa serikat buruh. Yakni secara virtual, diskusi-diskusi isu ketenagakerjaan. Adapula yang mengisinya dengan kegiatan lain, seperti menyemprot disinfektan.

“Tadi pagi saya dampingi mereka menyemprot disinfektan di wilayah pemukiman warga. Jadi aksinya bakti sosial, mereka membantu kita memutus penyebaran virus corona,” ujarnya.

Tidak lupa dia menyampaikan Selamat Hari Buruh kepada seluruh buruh dan pekerja di Kota Makassar. Dia menyebut bangsa ini tidak akan bisa maju tanpa mereka.

Di sisi lain, dia berharap, agar pandemi ini segera berakhir. Bagaimana tidak, ada lebih 9.000 pekerja dari 316 perusahaan yang terkena dampak Covid-19. Ada yang harus menerima upah sampai 50 persen, ada yang dipulangkan tanpa upah ada juga hang di PHK.

“Selamat hari buruh dan saya berharap buruh itu di tempatkan pada posisi yang semestinya diberikan kesempatan yang lebih baik tentunya dan kemudian kesejahteraan yang lebih baik dan tentunya buruh ini dan karyawan ini adalah dalam lindungan negara. Negara ini bertanggung jawab kepada rakyatnya. Negara bertanggung jawab kepada warganya. Nah ini bertanggung jawab pada buruh juga. Insya Allah Pandemi Covid ini akan berlalu dan kita yakin dan percaya kita harus bersama dalam menghadapi corona ini,” tutupnya.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca