KPU Sulsel: 1 TPS Disiapkan 1 Template Braille untuk Pemilih Tunanetra

Jumat, 20 November 2020 13:35 WITA Reporter : Makassarmetro
KPU Sulsel: 1 TPS Disiapkan 1 Template Braille untuk Pemilih Tunanetra Ilustrasi. (Foto: Merdeka)

MAKASSARMETRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel akan menyiapkan alat bantu atau template braille untuk pemilih tunanetra pada Pilkada serentak 2020. Jumlahnya 9.768 lembar.

Jumlah itu sama total Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sulsel untuk 12 kabupaten/kota yang menggelar pilkada.

Ketua KPU Pangkep, Burhan, mengatakan pihaknya akan menyiapkan template braille di setiap TPS. Ini untuk mengakomodasi suara pemilih disabilitas. Di Pangkep, ada 709 TPS yang sudah dipetakan.

“Satu (lembar), jadi setiap TPS tetap kami sediakan. Jadi bukan (berdasar) sejumlah pemilih (tunanetra). Kan di setiap TPS tidak ada ji tunanetranya, cuma jangan sampai ada pemilih tunanetra yang datang, makanya kita tetap siapkan,” kata Burhan, dikutip dari Sindonews, Jumat (20/11/2020).

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari, menuturkan pemilih tunanetra bisa dituntun oleh keluarganya masuk ke TPS. Namun, tidak bisa mengintervensi pemilih untuk mencoblos salah satu paslon.

“Bisa sama orang terdekatnya. Nanti kan mereka bisa meraba dari template braille itu, mana palson yang mereka pilih,” ucap Endang. Di Makassar, sebanyak 2.394 lembar template braille yang dibutuhkan. (*)

Topik berita Terkait:
  1. KPU Sulsel
  2. Pilkada Serentak 2020
Berikan Komentar
Komentar Pembaca