DPRD Makassar Pastikan Dana Hibah Pariwisata Dibagikan sebelum Tutup Tahun

Jumat, 25 Desember 2020 13:59 WITA Reporter : Makassarmetro
DPRD Makassar Pastikan Dana Hibah Pariwisata Dibagikan sebelum Tutup Tahun Ilustrasi.

MAKASSARMETRO – DPRD Kota Makassar memastikan dana hibah pariwisata bagi hotel dan restoran akan dibagikan sebelum tutup tahun.

Hal ini menyikapi belum adanya kepastian pemerintah kota untuk mengucurkan anggaran tersebut.

Padahal, anggaran sebesar Rp48,8 miliar yang dikucurkan dari pusat tersebut setengahnya atau Rp24,4 milliar telah masuk ke kas daerah.

Anggota Komisi B Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kota Makassar, Hasanuddin Leo, mengatakan masih akan menelusuri persoalan ini. Dirinya meyakinkan anggaran bisa dikucurkan sebelum perpindahan tahun.

“Insyaallah saya kira tahun ini cair, kita masih cari (persoalannya) tapi kita menduga persoalan verifikasi,” ujar Leo dikutip Sindonews, Jumat (25/12/2020).

Legislator PAN ini mengatakan, ada sejumlah prosedural yang perlu dipenuhi oleh restoram dan hotel, seperti izin usaha dan ketaatan hotel tersebut membayar pajak. Dia menduga pengucuran anggaran tersendat pada persoalan ini.

“Jadi banyak SKPD yang terlibat di dalam, jadi bukan cuman pariwisata, setelah pariwisata itu akan diapresial, diuji sama Inspektorat, dan juga Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), terkait dengan pembayaran pajak-pajaknya,” bebernya.

Selama syarat-syarat tersebut terpenuhi, maka anggaran semestinya sudah harus dikucurkan pemerintah kota, agar ekonomi bisa secepatnya digenjot.

Diketahui anggaran ini rencana digunakan untuk menstimulasi sejumlah pelaku usaha pariwisata dalam rangka memulihkan kembali ekonomi di 2021.

Leo mengatakan, hal ini harus secepatnya tuntas di 2020 agar awal tahun upaya ini sudah bisa berjalan. (*)

Topik berita Terkait:
  1. DPRD Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca