Harga Cabai Naik, Anggota DPRD Makassar: Ini Kesempatan Emas Pertanian Lorong

Rabu, 06 Januari 2021 20:59 WITA Reporter : Makassarmetro
Harga Cabai Naik, Anggota DPRD Makassar: Ini Kesempatan Emas Pertanian Lorong Mario David.

MAKASSARMETRO – Anggota Komisi B Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kota Makassar, Mario David, menilai bahwa kenaikan harga cabai di pasar bisa menjadi momentum mendorong peningkatan pertanian lorong.

“Ini kesempatan yang indah yang bisa dimanfaatkan oleh para petani lorong kita. Kan ada kemarin itu petani lorong yang kita support agar tumbuh. Jadi ini saatnya untuk kita dorong ke pasar,” kata Mario, Rabu (6/1/2021).

Mario berujar, pertanian lorong dapat mengatasi suplai, baik untuk kebutuhan pribadi maupun pasar. Selain itu, ccabai dianggap menjadi komoditas penahan inflasi karena kebutuhannya cukup konsisten di pasaran, sehingga perannya cukup krusial.

Peningkatan petani lorong tahun ini juga sudah disuplai dengan anggaran Rp1 miliar di Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar. Anggaran itu diperuntukkan untuk bantuan bibit hingga pupuk.

Selain itu, upaya ini dilaporkan juga telah dibantu oleh beberapa pihak swasta melalui pelatihan kepada para petani.

Mario menilai, prospek petani lorong cukup menjanjikan dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat. Apalagi kondisi COVID-19 saat ini cukup mendukung tumbuhnya program produksi pangan rumah tangga.

“Jadi minimal di Kota Makassar ini suplai terpenuhi, enam bulan terakhir COVID, rumah tangga utamanya ibu-ibu itu banyak berkebun. Itu trennya banyak sayuran, entah cabai, tomat, dan sebagainya. Ini bagus memang prospeknya mendukung. Indikatornya kita lihat dengan meningkatnya permintaan pupuk. Itu, kan, habis di pasan kemarin,” tuturnya.

Harga cabai saat ini mengalami peningkatan hingga kisaran Rp40.000 dan Rp50.000 dari harga normal sebelumnya mencapai kisaran Rp20.000 hingga Rp30.000. (*)

Topik berita Terkait:
  1. DPRD Makassar
Berikan Komentar
Komentar Pembaca